26.8.08

Mengenang Najib Mahfuz

“Untuk Najib Mahfuz dengan penuh rasa hormat pada kebesaran dan kehangatan cintanya serta rasa terima kasih yang tulus untuk pencerahan dan kenikmatan saat membaca buku-bukunya. -Nadine Gordimer, Kairo 2005."


Begitulah kata-kata yang ditulis oleh novelis peraih Nobel dari Afrika Selatan Nadine Gordimer ketika memberikan salah satu bukunya sebagai hadiah untuk Najib Mahfuz, seorang novelis asal Mesir yang juga pernah mendapatkan hadiah Nobel. Kata-kata tersebut tentu bukan sekedar basa-basi namun mencerminkan apa yang ada di dalam hatinya. Suatu kekaguman yang diakuinya sendiri dalam sebuah kesempatan bertemu langsung dengan Mahfuz.

Tidak berlebihan memang jika puja-puji yang begitu takzim itu dilontarkan. Mahfuz adalah sosok besar yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk dunia tulis menulis. Keseriusan, ketekunan, totalitas, konsistensi, keberanian menempuh risiko, keteguhan, semua itu bisa ditemukan dengan mudah dalam prestasinya yang luar biasa. Najib Mahfuz adalah tonggak kesusastraan Arab yang menjulang tinggi sehingga seseorang harus benar-benar menyiapkan diri untuk melampauinya. Inilah pekerjaan berat yang harus dipikul generasi para penulis Mesir (Arab) sesudahnya.

Sepanjang hidupnya, Najib Mahfuz telah menulis puluhan novel dan cerita pendek, serta skenario film yang kemudian diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Ia adalah sastrawan gila kerja yang sangat produktif. Produktivitasnya bahkan tidak terhenti meski ia telah berusia lanjut, dan tak mampu lagi menuliskan kata-katanya sendiri. Kematianlah yang kemudian menghentikannya.

Bulan ini dua tahun lalu Najib Mahfuz meninggal dunia setelah beberapa saat mengalami kritis dan dirawat di rumah sakit. Karier kepenulisannya yang panjang, produktivitasnya yang luar biasa, dan capaiannya yang menakjubkan membuatnya pantas disebut sebagai master novel Arab. Lebih dari itu ia adalah seorang novelis yang kehidupannya sekaligus menjadi sejarah Novel Arab itu sendiri. (Baca tulisan lain mengenai Najib Mahfuz)


1 komentar:

fahmi said...

nice post...!

terima kasih sudah mau berkunjung ke gubuk saya..salam kenal juga..

Post a Comment